Hot!

Batasan Serupa dengan Orang Kafir

Batasan Serupa dengan Orang Kafir
KHAWATIR MURTAD DAN SYIRIK TANPA SADAR

13. Apakah memakai Tshirt yang ada tulisan kutipan kata-kata orang kafir nya termasuk tasyabbuh bil kuffar?

14. Apakah boleh memakaikan anak baju bergambar pokemon? Setau saya pokemon diharamkan oleh Lajnah Daimah. Apakah termasuk wasilah syirik?

15. Apakah boleh anak menonton film yang ada tokoh alien di dalamnya? Seperti Miles from Tomorrowland atau Boboiboy? Dan bolehkah anak menonton film yang ada unsur artificial intelligence di dalamnya, seperti Big Hero 6? Kalau yang ada unsur sihir, sudah saya buang dari rumah kami. Apakah ini juga termasuk wasilah syirik?

16. Bagaimana hukumnya menyebut nama-nama bulan Masehi atau nama hari dalam bahasa Inggris tanpa terpaksa? Semuanya kan berasal dari nama sesembahan kafir. Masalahnya anak saya masih kesulitan bicara bahasa Indonesia, dan kadang sulit menghindari nama bulan masehi saat menulis surat, di pekerjaan, atau bicara pada orang umumnya.

17. Apakah halal makan kue ulang tahun yang dihadiahkan saudara saat kita berulang tahun? Saya baru tahu hukum perayaan ulang tahun. Bagaimana caranya mengkomunikasikan pada anak dan orang sekitar tentang hukum berulang tahun? Apakah kue yang sebelumnya sempat dipasangi lilin masih halal dimakan?

18. Bagaimana hukumnya menyapa dengan mengangkat tangan sambil mengucap salam, atau menundukkan kepala sedikit sebagai salam pada orang lebih tua? Apakah termasuk haram? Dan bagaimanakah hukumnya memberi tanda dengan jari tangan seperti tanda 'V' atau tanda metal. Apakah termasuk tasyabuh bil kuffar?

19. Maaf, untuk nomer 12c, saya pernah salah dan berpikir bahwa nama Lathif tidak boleh digunakan manusia. Saya mengatakan kepercayaan salah tersebut pada istri saya. Saya sebelumnya pernah membaca sesuatu tentang orang yang disebut 'lathif' (dari buku Asmaul Husma, Quraish Shihab). Tapi saya saat mengucapkan salah paham saya tersebut, saya kurang ingat detail penjelasan hal itu di buku Quraish Shihab tersebut.
Apakah saya berdosa mengharamkan yang halal? Apakah saya berdosa murtad? Malam itu saya ketakutan luar biasa dan mengucap syahadat berulang-ulang.

JAWABAN

13. Tidak termasuk tasyabuh bil kuffar atau serupa dengan non-muslim. Serupa dengan non-muslim yang dilarang adalah apabila serupa dengan ritual keagamaan atau dalam konteks baju memakai pakaian yang khas dipakai non-muslim dalam ritual keagamaan mereka. Serupa dengan tradisinya tidak dilarang.
Baca detail:
- Halal Haram Menyerupai Orang Kafir
- Hukum Memakai Kaos Bergambar Salib

14. Boleh. Sebagaimana disebut di atas, memakai kaos bergambar salib saja masih menjadi ikhtilaf ulama antara makruh dan haram. apalagi memakai kaos Doraemon yang tidak menggambarkan identitas agama apapun/manapun. Baca detail: Hukum Memakai Kaos Bergambar Salib

Lajnah Daimah itu lembaga fatwa Wahabi Arab Saudi yang tidak mewakili mayoritas ulama Ahlussunnah karena doktrin takfiri (suka mengafirkan) dan tasyriki (suka mensyirikan) serta tab'idhi (suka membid'ahkan) pada golongan umat Islam lain. Wahabi Salafi dan ulama di dalamnya disebut sebagai neo-Khawarij oleh ulama Aswaja karena sangat mirip dengan Khawarij zaman Sahabat Ali bin Talib yang mudah menghalalkan darah sesama muslim. Baca detail: Gerakan Radikal Salafi wahabi

15. Hukum asal dari film adalah mubah. Namun bisa berubah jadi sunnah (kalau berisi perkara yang baik) atau makruh, atau haram (kalau berisi hal yang haram) tergantung kontennya. Untuk film-film alien atau superhero atau AI, tidak ada faktor yang dapat menyebabkan haram. Kalau di dalamnya terdapat adegan yang haram seperti pornografi atau mengajak pada perbuatan maksiat lain. Sedangkan unsur sihir tidak otomatis haram. Ulama Ahlussunnah bahkan tidak melarang belajar ilmu sihir asal tidak dibuat mencelakakan orang lain. Bahkan boleh dipakai untuk menyembuhkan serangan sihir. Baca detail: Belajar Ilmu Sihir

16. Tidak apa-apa. Siapa yang melarang anda menyebut nama-nama bulan Masehi? Masehi itu nama Nabi Isa dan disebut dalam Al Quran Surah Ali Imron 3:45. Tidak ada larangan.

17. Boleh memakan kue ulang tahun. Kecuali kalau makanannya mengandung unsur najis atau haram.
Adapun merayakan ulang tahun, maka ulama kontemporer ada dua pendapat: a) Yusuf Qardhawi membolehkan di waktu-waktu tertentu seperti tahun ketujuh dan kesepuluh, sedang di waktu yang lain haram. Baca detail: Hukum Musik, Film Dan Merayakan Ulang Tahun

b) Sedangkan ulama lain, termasuk Majelis Fatwa Mesir, membolehkan secara mutlak. Baca detail: https://www.konsultasisyariah.in/2015/06/hukum-merayakan-hari-ulang-tahun.html

18. Semua yang ditanyakan di sini tidak apa-apa. Baca detail: Halal Haram Menyerupai Orang Kafir

19. Tidak apa-apa karena tidak tahu. Berarti tidak sengaja. Namun ke depannya sebaiknya hati-hati dalam menghukumi. Baik menghalalkan atau mengharamkan. Apalagi kalau info itu didapat dari artikel tulisan ulama atau ustadz Wahabi Salafi. Biasakan membaca dulu artikel agama yang ditulis kalangan Ahlussunnah. Anda bisa mulai belajar ilmu dasar madzhab Syafi'i dari link berikut: Ilmu Agama Dasar Madzhab Syafi'i

0 komentar:

Post a Comment