Hot!

Beda Mani, Madzi Dan Keputihan

Beda Mani, Madzi Dan Keputihan
BEDA MANI, MADZI DAN KEPUTIHAN

Terima kasih. Maaf belum paham.
Ciri air mani ada 3.
1. Bau khas
2. Keluar saat memuncak dan menjadi lemas. Dan nikmat
3. Warna kuning encer
Dan dikatakan bahwa, 3 syarat tersebut tidak harus terpenuhi untuk menyakinkan mani.

Saya belum menikah, dan akhir-akhir ini karena sering membaca artikel tentang perbedaan madzi mani dan keputihan jadi bingung sendiri. Kebingungan ini menjadikan saya was-was dan sering mandi wajib. Padahal saya tidak pernah merasa syahwat memuncak/lemas dan nikmat. Hanya saja jadi sering tidak sengaja berpikiran kotor dan keluar cairan. Dan saya langsung berpikir itu air mani. Sehingga langsung mandi, dan pernah merasa berat.

Yang saya tanyakan.
1. Apa maksudnya 3 syarat tersebut tidak harus terpenuhi sehingga sudah termasuk air mani, bagaimana kalau sepahaman saya 3 ciri tersebut akan ada kalau syahwat sudah memuncak?

2. Saya bingung maksudnya nikmat, dan lemas itu seperti apa.

3. Bau khas yang seperti mayang kurma itu gimana.

4. Dan keluar cairan, kalau syahwat tidak memuncak, tapi bingung menentukan bau, badan tidak lemas dan tidak merasa nikmat hanya terkadang merasa kaget dan sedih karena langsung berpikir harus mandi wajib lagi (jd saya pikir ini tidak lemas) . Itu termasuk cairan apa? Madzi atau mani?

5. Bagaimana jika ragu membedakan mani atau madzi?

6. Bagaimana cara menghilangkan pikiran kotor?

7. Bagaimana menghilangkan was- was?

Maaf sebelumnya,karena diluar topik awal tentang mandi wajib. Tapi mohon, tolong dijawab karena saya sangat bingung. Saya jadi takut tidur, karena nanti takut akan mimpi basah yang harus mandi wajib. Dan pernah 2 minggu berturut" mandi wajib , 1 hari pernah 2-3 kali dan jadi dimarahi orang di rumah karena terlalu lama di kamar mandi. Sehingga pernah berpikir kalau mandi wajib itu sangat berat.

JAWABAN

Cairan yang keluar dari wanita (selain kencing dan darah haid/istihadah) ada tiga jenis yaitu mani, madzi dan keputihan.

MANI

Definisi mani menurut Nabi (dalam hadits sahih riwayat Muslim):

إن ماء الرجل غليظ أبيض ، وماء المرأة رقيق أصفر

Artinya: Mani laki-laki itu kental warna putih. Mani perempuan itu cair/encer kekuningan.

Menurut Imam Nawawi, ada sebagian wanita yang spermanya terkadang encer berwarna putih.

Imam Nawawi dalam Al-Majmuk, hlm. 2/141, menjelaskan:

وأما مني المرأة فهو أصفر رقيق ، وقد يَبْيضّ لفَضْل قُوَّتها

Artinya: Mani wanita itu berwarna kuning encer. Terkadang berwarna putih karena kuatnya.

Imam Nawawi dalam Syarah Muslim, hlm. 3/224, menjelaskan bahwa ada dua tanda yang menjadi ciri khas mani wanita, sbb:

أحدهما: أن رائحته كرائحة مني الرجل. [وهو كرائحة العجين].
والثانية: التلذذ بخروجه ، وفتور قوتها عقب خروجه" انتهى من شرح مسلم .

Artinya: Satu, baunya seperi bau mani laki-laki. Yakni seperti bau adonan roti. Dua, terasa enak saat keluar mani dan melemahnya/menurunnya kekuatan wanita setelah keluar mani.

Apabila terdapat salah satu dari dua ciri di atas, maka sudah bisa disebut mani.

MADZI

Madzi adalah air berwarna putih yang keluar ketika memikirkan (mengkhayal) tentang seks atau keinginan untuk melakukan seks dan tidak merasa enak saat keluar juga tidak disertai menurunnya syahwat.

Madzi bisa terjadi pada laki-laki dan perempuan. Satu pendapat menyatakan bahwa madzi pada wanita itu lebih banyak dari laki-laki.

KEPUTIHAN

Keputihan atau Fluor Albus merupakan sekresi vaginal pada wanita. Keputihan pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis). keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur. Keputihan patologis dapat disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar

Terkait pertanyaan Anda, berikut jawaban singkatnya:

1. Kalau salah satu dari ciri tersebut ada saat keluar cairan, maka itu sudah disebut mani.
2. Nikmat maksudnya terasa enak saat keluar. Biasa disebut dengan orgasme.
3. Ya seperti mayang kurma. Namun tidak perlu anda terlalu memikirkan soal ini. Yang terpenting adalah poin 1 dan 2.
4. Termasuk madzi.
5. Kalau ragu, maka dihitung madzi. Karena madzi lebih mudah terjadi daripada mani.
6. Agar fikiran tidak kotor, hindari membaca atau menonton pornografi.
7. Cara menghilangkan was-was soal madzi dan mani adalah dengan memahami kriterianya. Dari penuturan anda, kami menyimpulkan bahwa yang sering terjadi pada anda adalah keluar madzi atau keputihan. Bukan mani. Jadi, tidak perlu mandi besar.

APABILA RAGU APAKAH MANI ATAU MADZI

Khatib As-Syarbini dalam kitab Mughnil Muhtaj, hlm. 1/215, memberikan panduan apabila seseorang merasa ragu apakah cairan yang keluar itu mani atau madzi, sbb:

فإن احتمل كون الخارج منيا أو غيره ، كودي أو مذي : تخيّر بينهما على المعتمد، فإن جعله منيا اغتسل. أو غيره توضأ وغسل ما أصابه؛ لأنه إذا أتى بمقتضى أحدهما ، برئ منه يقينا، والأصل براءته من الآخر، ولا معارض له" انتهى

Artinya: Apabila yang keluar itu ada kemungkinan mani atau lainnya seperti wadi atau madzi, maka boleh memilih di antara keduanya menurut pendapat yang muktamad. Apabila dianggap mani, maka harus mandi junub. apabila dianggap yang lain (madzi, dll) maka hendaknya berwudhu dan membasuh tempat yang terkena. Karena, apabila ia melakukan akibat dari salahsatunya, maka ia terbebas darinya secara yakin. Hukum yang asal adalah dia terbebas dari yang lain. Tidak ada yang berlawanan baginya.


Perlu diketahui bahwa semua jenis cairan yang keluar dari kemaluan adalah najis dan membatalkan wudhu. kecuali mani yang hukumnya suci dan mengakibatkan hadas besar. Baca detail: Cara Wudhu dan Mandi Wajib

KEMALUAN BERGETAR SAAT KELUAR CAIRAN, APAKAH MANI?

Assalamualaikum.
Jika sedang bermain internet, dan terdapat gambar yang mengakibatkan secara tidak sengaja syahwat sedikit naik. Dan kemaluan bergetar dan terasa keluar cairan. Saya Tidak merasa nikmat, tidak merasa lemas, tidak merasa syahwat memuncak. Dan ketika di bau, cairan tersebut tidak sedap ( seperti cairan keputihan). Tapi saya membaunya sekitar 3 jam kemudian karena baru sampai rumah.

Saya bingung karena kemaluan ikut bergetar, keluar cairan tapi tidak merasa nikmat, tidak lemas dan syahwat tidak memuncak.

Cairan apakah itu?mani atau madzi?
Apa harus mandi wajib?

Mohon segera dijawab. Terima kasih :)

JAWABAN

Itu termasuk madzi karena lebih sesuai dengan definisi madzi. Baca detail: Beda Mani dan Madzi

0 komentar:

Post a Comment